Rabu, 09 Januari 2013

Olla Suka Donat

Sore belum datang. Olla juga masih di sekolah. bekal hari ini cukup nasi goreng ayam sosis. Untuk nanti sore belum ada cemilan apapun. Aku buka kulkas dan isinya tak ada cemilan. kebetulan persediaan buah, biskuit, atau keripik telah ludes, tak ada yg tersisa kecuali 3 buah ketimun dan 4 buah tomat. Akhirnya aku buatkan donat karena Olla suka banget donat.
Resep adaptasi dari Natural Cooking Club Donat JCo
Bahan A:
425 gr        tepung terigu protein tinggi.aku pakai merk cakra
5 1/2  gr     ragi instant
5 gr            garam
300 ml       air matang hangat

 Bahan B:
100 gr        tepung terigu protein tinggi.aku pakai merk cakra
5 gr            garam
60 gr          susu bubuk full cream
70 gr          gula pasir
1 butir        telur
65 gr         mentega putih / shortening aku pakai margarin biasa.

Cara membuat:
  1. Aduk bahan A sampai rata, istirahatkan selama 90 menit diwadah tertutup, jadikan sebagai bahan biang.
  2. Campur adonan A dengan bahan B, lalu uleni sampai kalis. kurang lebih 10 menit kemudian diistirahatkan diwadah tertutup selama 15 menit.
  3. Gilas tipis adonan setebal kurang lebih 1 cm, diamkan 10 menit, tutup dengan lap bersih, cetak dengan cetakan bentuk donat, diamkan 10 menit lagi.
  4. Goreng dalam minyak ,lebih baik dengan minyak padat, tapi kemarin aku  pakai minyak goreng biasa dengan api kcil saja hingga berwarna kuning kecoklatan.
  5. Angkat, dinginkan. Beri topping sesuai selera.
 

1 komentar:

  1. Aku save ah resep donatnya. Dah coba 3 kali resep donat lain tapi belum pernah berhasil.

    BalasHapus